bismillah

bismillah

Selasa, 22 Januari 2013

Menjadi Pemimpin Itu Sulit atau Mudah ??!

             Menurut saya sendiri, menjadi pemimpin itu sangat sulit. Apalagi kalau kita sudah dihadapkan dengan berbagai masalah besar yang kita tak tahu ke mana jalan keluarnya... Menjadi pemimpin di suatu organisasi, perkumpulan remaja atau apapun itu, pastinya harus mempunyai sifat pemikir atau juga konseptor, Harus bisa mengatur segala macam permasalahan, teknis dan bla...bla...bla..., dalam suatu kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan. Pemimpin harus bisa cekatan, peka terhadap masalah dan "ker" sama yang anggota-anggota yang dinaunginya. Jika anggota-anggota tersebut salah, otomatis yang akan diminta pertanggung jawabannya adalah pemimpinnya.
             Contoh dalam organisasi OSIS di sekolah. Ada Ketua OSIS, Sekretaris OSIS, Bendahara OSIS, bidang 1, bidang 2, bidang 3, bidang 4, bidang 5, bidang 6, bidang 7, bidang 8 dll... Ketua OSIS membawahi bidang 1 sampai dengan bidang 8, bidang 1 s/d bidang 8 pun mempunyai anggota-anggotanya. Disini diperlukan jalur koordinasi yang benar, jika salah akan berakibat fatal. Urutannya yaitu, misal: 
1) Bidang 1
2) Ketua Osis
3) Pembina Osis
4) Wakasek (Wakil kesiswaan)
5) Kepala Sekolah    
             di atas adalah urutan dimulai dari 1 s/d ke nomor 5...
             Pemimpin merupakan seorang yang menjadi panutan bagi anggota-anggotanya, rakyat/masyarakatnya/umatnya... Pemimpin harus mau menerima kritikan dari anggotanya. tidak boleh ada tindak semena-mena dan sikap arogan. Sangat butuh kerendahan hati. Selalu bisa membantu dalam keadaan sangat dibutuhkan rekan-rekannya.
               TIPS/SYARAT MENJADI PEMIMPIN ATAU KOORDINATOR yang baik:

1.) Selalu berada dalam jalan yang benar sesuai alquran dan as-sunnah.
2.) Tahu jalur koordinasi
3.) Punya mental kuat dalam menghadapi masalah
4.) Peka terhadap masalah dan tahu apa yang harus dilakukan.
5.) Harus tahu perubahan-perubahan yang terjadi dalam organisasinya
6.) Selalu sharing dengan anggota/rekan
7.) Menerima kritik dan saran anggota/rekan
8.) Perhatian/ jangan sampai mengacuhkan anggota/rekan
9.) Jangan sampai ada diskriminasi/ pilih kasih antar anggota
10.) Bisa menjaga kekeluargaan/ solideritas/ukhuwah islamiyah... :)
               Jangan pernah takut untuk jadi pemimpin, selama kamu yakin akan bisa menerima resiko yang ada. dan kamu yakin kamu adalah orang yang benar sesuai Allah dan rasulNya. Thanks... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer