bismillah

bismillah

Senin, 18 Maret 2013

“DEMOKRASI”



 “DEMOKRASI”
 
Demokrasi berasal dari kata demos dan cratie yang berasal dari Inggris. Demokrasi dalam pemerintahan di Negara Indonesia kita ini berarti kekuasaan atau kedaulatan berada di tangan rakyat atau biasa juga dikatakan dari rakyat_oleh rakyat_untuk rakyat, sedangkan demokrasi dalam islam kekuasaan itu mutlak milik Allah. Sehingga dalam konteks ini terjadi pertentangan.

Orang yang bersungguh- sungguh dalam islam disebut juga fanatik atau fanatisme, itu hanya untuk agama islam saja. Salah satu perwujudan dari demokrasi itu adalah mengkritik  sesuatu untuk mencapai kebenaran. Kritikan adalah suatu tanggapan yang dapat  bernilai negative atau positif. Dalam islam kritik-mengkritik bukan berdasarkan logika pada diri saja, tapi semata-mata untuk mencapai yang haq berdasar Quran dan Hadist.

Teringat pada suatu cerita pada zaman rasulullah bahwa ada bawahan yang mengkritik tentang keadilan langsung kepada jenderal umar atau sang presiden pada masa itu, beliau memakai baju yang rapi dengan pakaian yang ukurannya cukup, sedangkan para tentaranya memiliki baju yang tidak cukup alias menggantung. Disangka, beliau melakukan tindakan korupsi dan bersikap tidak adil. Ternyata setelah beliau menjawab, bahwa baju itu diberi oleh anaknya yang kebetulan cukup. Tentara tersebut akhirnya malu dan meminta maaf. Selain itu ada pula pada zaman kepresidenan Bung Karno bersangkutan dengan keadilan. Seorang Buya Hamka yang juga berani mengkritik sang presiden langsung, beliau menyatakan bahwa Soekarno telah berbuat tidak adil terhadap rakyatnya, dan telah menganut dasar-dasar pemerintahan yang diciptakan oleh para ahli non muslim. Setelah dikritik, Soekarno pun adil kepada rakyatnya.

Berbeda pada zaman sekarang ini, jarang bahkan tidak ada yang berani memberikan kritikan kepada sang presiden. Keberanian dalam menyampaikan kebenaran sebagian ada yang beranggapan bahwa hal tersebut adalah suatu kesulitan, karena takut pada system pemerintahan yang ada di Negara ini. Banyak ulama-ulama yang dalam menyampaikan ceramahnya, masih dibayar dengan jumlah yang besar, berbeda dengan ulama-ulama pada zaman dulu yang menyiarkan agama islam dengan ikhlas.

Adil berasal dari kata ‘adala_yu’dilu. I’tidal berarti tegak.  Pengertian adil mempunyai 3 versi:

1. adil yaitu memberi secara proposional

3. adil tasbiah yaitu menyamakan tetapi membedakan timbangan. t

Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa “Kebatilan yang terorganisirakan mengalahkan satu kebenaran yang tidak terorganisir.” Jadi kebenaran harus disosialisasikan atau harus bersifat mengajak agar tidak terkalahkan dibandingkan dengan kebathilan.

Seseorang bertanya kepada rosul, apakah yang bisa menyelamatkan kita di dunia dan di akhirat? Rasul menjawab :

·         Bertaqwalah kepada Allah swt insya allah kita akan menjadi orang yang pintar.

·         Qonaah atau menerima apa adanya orangnya disebut qoonian, insya allah akan menjadi kaya.

Sekarang banyak para pekerja yang menggunakan tenaga yang banyak tetapi mendapat upah yang sedikit, sedangkan orang yang menggunakan ilmunya/otaknya mendapat upah yang sangat besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa ilmu merupakan hal yang sangat penting. Contohnya, Bilget seorang ilmuwan yang  menemukan mikroskop, 1 menitnya dibayar 5 milyar, sedangkan seorang petani yang bekerja seharian hanya dibayar minimal dua puluh ribu rupiah.

Demokrasi juga terdapat Musyawarah yang berasal dari kata syawwaro yang artinya mengambil madu dari sangkarnya, maksudnya adalah mengambil manfaat dari sesuatu. Musyawarah dalam islam diambil berdasarkan ajaran-ajaran islam yang harus dikedepankan, dan yang terpenting adalah syariat islam harus ditegakkan di dunia ini.

Kesimpulannya adalah kita sebagai generasi penerus Nabi kita Muhammad saw, harus syia’r dinul islam terutama dalam hal berdemokrasi. Bisa memberikan argument-argumen dalam musyawarah berdasarkan al-quran dan al-hadist. Dan jangan selalu mengedepankan emosi semata, tetapi harus mempunyai keinginan mencapai mufakat sebagai penyelesaiannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer