bismillah

bismillah

Senin, 18 Maret 2013

IMAN KEPADA MALAIKAT



IMAN KEPADA MALAIKAT

Pertama membahas tentang iman kepada Allah, yang merupakan tingkatan pertama dalam rukun iman. Iman kepada Allah berarti percaya kepada Allah akan kekuasaan dan ciptaan-Nya. Iman menurut syara’ adalah meyakini dengan hati nurani, mengucapkan dengan lisan, dan melaksanakannya dengan anggota tubuh (perbuatan). Buah dari keimanan kita kepada Allah adalah dapat memerdeekakaan diri kita dari kekangan-kekangan orang lain, merasa dirinya selalu diawasi, dilihat, dan dikontrol oleh Allah swt.
Yang kadua dalam rukun iman adalah iman kepada malaikat Allah. Malaikat merupakan makhluk allah yang ghaib. Ghaib terbagi dalam ketiga kelompok:
1.      Ghaib : adalah ghaib yang biasa, contohnya seperti orang ketiga yang tidak kelihatan.
2.      Ghaib Idhofi : adalah ghoib yang tidak bisa dilihat jauh dari kehidupan kita, terdapat sekat-sekat sehiingga kita tidak bisa melihatnya karena diberi keterbatasan, contohnya seperti setan dari bangsa jin.
3.      Ghaib haqiqi : adalah ghaaib yang tidak bisa dilihat, contohnya adalah malaikat.
Jadi, dari ketiga pembagian tersebut dapat dikatakan bahwa manusia tidak dapat melihat jin, jin tidak bisa melihat malaikat, tetapi malaikat bisa melihat manusia dan jin. Per harinya malaikat masuk ke Baitul Mahmur, yang jumlahnya 73.000.
Dalam sebuah kisah pernah dikatakan bahwa malaikat pernah menyerupai Siti Maryam, supaya Siti Maryam tidak kesepian. Rasulullah saw pun pernah melihat sayap-sayap malaikat ada yang berjumlah 2, 3,atau 4. Bahkan malaikat  Jibril mempunyai sayap hingga ribuan. Sayap-sayap tersebut menggambarkan atau menyimbolkan banyaknya atau kecepatan dalam mengerjakan tugasnya. Rasul pun pernah didatangi Nihiyah, pemuda tersebut menanyakan kepada rasul tentang Iman, Islam, dan Ihsan. Pada saat itu Khalifah Umar Bin Khattab bertanya kepada Rasulullah saw, siapakah pemuda tersebut. Rasul menjawab pemuda tersebut adalah Nihiyah Malaikatul Jibril.

Keutamaan Malaikat Allah adalah :
·         Malaikat tidak pernah maksiat kepada Allah swt.
·         Selalu mengerjakan dan mentaati perintah Allah.
Perbedaan manusia, malaikat, dan hewan adalah jika manusia diberikan akal pikiran dan hawa nafsu, karena manusia adalah makhluk ciptaan allah yang paling sempurna dan mulia. Tetapi akal pikiran manusia terkalahkan oleh hawa nafsunya. Jika malaikat oleh Allah hanya diberi akal, sehingga dalam mengerjakan tugasnya selalu patuh dan tidak pernah membantah Allah, dari situlah munculnya ketaatan, tetapi tidak sempurna akalnya dibandingkan dengan manusia. Oleh karena itu pada zaman Nabi Adam as. malaikat sujud kepadanya sebagai tanda kehormatan. Sujud yang malaikat lakukan tidak sama seperti yang manusia lakukan, itu hanya simbol penghormatan. Sedangkan pada hewan hanya diberi hawa nafsu saja.
Oleh Allah malaikat diciptakan dari An-Nur yang berarti cahaya dari Allah, sedangkan jin dari percikan api, serta manusia tercipta dari tanah liat. Tentang Iman kepada malaikat Allah berfirman dalam QS; 2:2-3 dan QS; 2:285.
Malaikat diciptakan sebelum adanya dunia ini. Sebelum kata ada ini ada. Sebelum kata ada dan tiada malaikat telah ada. Dalam kegiatannya malaikat tidak membutuhkan minuman dan makanan. Mereka hanya memuji dan bertasbih kepada Allah swt.
Dapat dikatakan bahwa Malaikat Jibril adalah ketuanya dari para malaikat, dan tugasnya paling banyak yaitu menyampaikan wahyu kepada setiap utusan Allah. Susunan tugas Malaikat Jibril untuk menyampaikan tugasnya adalah, dari Lauhilmahfudz, kemudian ke Assamaauddunya lelu sampailah ke dunia. Pada tahap di dunia Malaikat Jibrilmenyampaikan wahyunya step by step.
10 malaikat dan tugasnya yang wajib diimani adalah sebagai berikut:
1.      Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu
2.      Malaikat Mikail bertugas menurunkan hujan dan memberi rejeki
3.      Maliakat Isrofil bertugas meniup sangkakala
4.      Malaikat Izroil bertugas mencabut nyawa
5.      Malaikat Munkar bertugas bertanya dalam kubur
6.      Malaikat Nakir bertugas bertanya dalam kubur
7.      Malaikat Rakib bertugas mencatat amal baik manusia
8.      Malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk manusia
9    Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka
  10. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer